Today’s Inspiration; 99 Cahaya di Langit Eropa the movie

Assalamu’ alaikum wr.wb

“Barangsiapa menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka Allah akan tunjukkan baginya salah satu jalan dari jalan-jalan menuju ke surga. Sesungguhnya malaikat meletakan sayap-sayap mereka sebagai bentuk keridhaan terhadap penuntut ilmu. Sesungguhnya semua yang ada di langit dan di bumi meminta ampun untuk seorang yang berilmu sampai ikan yang ada di air. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dibandingkan dengan ahli ibadah sebagaimana keutamaan bulan purnama terhadap semua bintang. Dan sesungguhnya para ulama’ adalah pewaris para Nabi, dan sesungguhnya mereka tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, akan tetapi mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil bagian ilmu maka sungguh dia telah mengambil bagian yang berharga.” HR. Abu Dawud

Tiba-tiba keingetan untuk posting versi lengkapnya hadits diatas setelah curi-curi waktu untuk nonton 99 Cahaya di Langit Eropa (and I know that it’s too late but better than never seen the movie), bisa ditarik kesimpulan bahwa belajar bukan persoalan dimana kita bersekolah atau sampai kapan kita harus sekolah, tapi kemana kaki ini akan melangkah, lalu siapa yang kita temui, dan apa yang kita dapatkan, semuanya adalah cara terbaik untuk belajar.

Karena setiap langkah yang kita tapaki, siapa yang kita temui, dan apa yang kita dapatkan, semuanya bukan suatu kebetulan, namun apa yang kita dapatkan tergantung kita sendiri, mau memaknainya sebagai pelajaran dan ambil hikmahnya, atau menganggap bahwa semuanya hanya kebetulan.

Dear us, kalau kita menganggap ada hal yang kebetulan di dunia ini, kita mau bilang kalau Allah membiarkan kita hidup cuma cuma di dunia ini tanpa campur tanganNya? Kemana arah pandangan mata kita saat ini? Padahal, kemana pun arah kita memandang saat ini, itu semua sudah diatur oleh Allah bahkan sebelum kita bisa memandang dunia ini.

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban?
Let’s say, laa bisyay’in min alaika robbi akdzibu. (Tidak ada nikmat Tuhanku yang aku dustakan)

Harusnya, kita bisa jadiin setiap perjalanan dan pertemuan sebagai ladang ilmu untuk menuju surganya Allah. Husnudzon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s